Seputar Ujian Nasional 2014

Sebelumnya saya minta ma’af kepada para pembaca setia blog saya ini, serta permintaan ma’af sedalam-dalamnya kepada semua orang yang telah mengirim e-mail maupun sms permohonan pembuatan aplikasi raport SMA/MA dsb. Akhir-akhir ini tidak sempat menengok blog dan mengupdate aplikasi raport yang telah saya buat. Kesibukan tugas sebagai Wakakur dan kewajiban lainnya membuat saya kurang bertenaga.

Sudah lelah rasanya membahas mengenai Ujian Nasional. Segala tenaga dan pikiran dalam menempuh pendidikan selama 3 tahun (SMP/MTS dan SMA/MA/SMK) hanya dikalahkan selama beberapa jam mengerjakan soal yang namanya UN. Sejak pertama kali kebijakan UN dijadikan standar kelulusan sejak itu pula saya tidak sepakat. Tapi apalah daya, sebagai guru rendahan saya hanya bisa taat aturan dari pusat. Rasanya sudah bebal “kuping pemerintahan” ini mengenai anjuran dibubarkannya UN. Saya menyangka, kemarin waktu diadakan Konvensi UN akan terjadi perkembangan signifikan mengenai pembubaran UN atau apalah sehingga UN tidak dijadikan standar kelulusan. Nyatanya, konvensi UN hanya dijadikan “akal-akalan” pemerintah saja dalam melanggengkan UN.

Baca juga ini http://smayani.sch.id/info-80-konvensi-un-upaya-melanggengkan-un-yang-cacat-hukum.html

UN 2014 digelar usai pemilu

Lantaran bentrok dengan jadwal Pemilu 2014, maka jadwal Ujian Nasional (UN) tahun depan akan ubah menjadi akhir April.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Hendarman mengatakan, rencananya UN 2014 akan dilaksanakan sesudah pemilu legislatif. Oleh karena itu, UN yang biasanya digelar pada 15 April dimundurkan menjadi 30 April 2014.

Memgenai jadwal ini, katanya, akan dikoordinasikan dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). “Ya. Akan dimundurkan setelah pemilu legislatif,” katanya usai Lomba Esai Pendidikan Balitbang Kemendikbud 2013 di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Hendarman menjelaskan, persiapan menuju UN tahun depan sudah dimulai dari sekarang. Termasuk dari persiapan butir-butir soal. Selain itu, Kemendikbud juga sedang mempersiapkan Permendikbud tentang penyelenggaraan UN.

Permendikbud ini pula yang akan diselaraskan dengan Pedoman Operasional Standar (POS) UN. Menurutnya, Permendikbud tentang penyelenggaraan UN itu akan terbit dalam waktu dekat. Kemendikbud sendiri menargetkan pada November peraturan tersebut dapat diselesaikan.

“Permendikbud itu nantinya yang akan memayungi semua peraturan pelaksanaan UN 2014. Kami targetkan bulan November Permendikbud itu keluar,” terangnya. (Sindo News)

Kisi-Kisi UN 2014 = Kisi-Kisi UN 2013

Ujian nasional (UN) meskipun tidak sedikit yang tidak setuju untuk diselenggarakan tapi pemerintah bersikukuh untuk terus menyelenggarakannya. Sebagaimana konvensi UN beberapa waktu lalu yang telah menyepakati akan tetap menyelenggarakan UN (kesepakatan hasil musyawarah yang sudah dapat diterka hasilnya) .Bahkan tahun lalu saja sudah dicetuskan bahwa  kisi-kisi UN 2013 (2012/2013) akan sama dengan kisi-kisi UN 2014 (2013/2014) dan juga tahun berikutnya , alasannya karena tidak banyak berubah. Itupun kalau pemerintah tidak ingkar dengan pernyataannya.

Pernyataan itu seperti yang ditulis di Kompas tahun lalu: “Ketua BSNP Aman Wirartakusumah mengatakan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini diproyeksikan akan terus digunakan hingga tiga tahun ke depan. Pasalnya, dari tahun ke tahun tidak terdapat banyak perubahan dalam kisi-kisi UN sehingga dipandang lebih efektif jika kisi-kisi yang baru ini tidak hanya dipakai untuk tahun depan. Ada memang, tapi hanya sedikit sekali. Untuk itu, kami rencanakan kisi-kisi ini berlaku untuk tiga tahun ke depan karena perubahan yang tidak banyak,” kata Aman kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2012).” (Pak Urip Kalteng)

Silahkan unduh kisi-kisi UN tahun lalu, klik disini

Semua Tahu, UN Hanya Proyek

Koordinator investigasi dan advokasi lembaga nirlaba Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Ucok Sky Khadafi, menyatakan program Ujian Nasional layak ditiadakan. Menurut dia, program itu cuma menjadi beban buat siswa-siswi sekolah.

“Evaluasinya agar UN dihapus saja. Ini tidak baik buat generasi SMA-SMP. Cuma bikin stres,” kata Ucok kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/4).

Menurut Ucok, proyek penggandaan soal UN ini lebih baik lantaran terlihat jelas produknya. Dia menuding, banyak proyek di Kemendikbud malah tidak jelas tujuannya.

“Kemendikbud itu banyak yang tidak ada produknya. Makanya di Kemendikbud harus dievaluasi semua proyeknya. Karena anggarannya besar, tapi produk atau program dari anggaran itu tidak ada. UN ini ada tapi menyimpang,” ujar Ucok.

Menurut Ucok, Ujian Nasional yang diselenggarakan setiap tahun bukan bertujuan mencerdaskan bangsa. Dia malah menuding pekerjaan itu cuma jadi ajang bagi-bagi proyek.

“Proyek penggandaan dan distribusi soal UN tiap tahun bukan proyek buat mencerdaskan anak-anak sekolah. Tapi ini cuma proyek mendapatkan duit, fee, di DPR maupun kementerian. Proyek ini layak dihapus,” lanjut Ucok. (Merdeka.Com)

Proyek Guru Menjelang UN

Guru juga ketiban proyek menjelang UN, yaitu jam tambahan/les UN di sekolah. Tentunya dengan pendekatan pembelajaran drill, latihan soal, buat soal Try Out UN, dan sebagainya. Muridpun terkena dampaknya, semakin tegang, sibuk mengerjakan soal-soal, jam bermain dan bersosialisasi berkurang. Tidak hanya murid yang stress menghadapai UN, guru juga apalagi guru mapel UN, orang tua murid juga tertekan, kepala dinas juga tertekan jika murid di wilayahnya banyak yang tidak lulus dan seterusnya-dan seterusnya.

Terus siapa yang tertawa dengan adanya UN ? ya…. tahu sendirilah ! (he..he..he🙂 )

Untuk mempermudah guru membuat soal Try Out UN, saya telah membuat tutorialnya dengan memanfaatkan pemprograman VBA Powerpoint. Soal akan diacak secara otomatis, ada sertifikat nilai dan database penilaian.

Silahkan disedot disini atau disini juga bisa

Semoga manfaat dan menginspirasi🙂

Tentang mazguru

Saya hanyalah seorang guru muda yang ingin berbagi ilmu, hikmah, kisah dan pengalaman.
Pos ini dipublikasikan di BERITA, CURHAT, EDU-SOFT, MULTIMEDIA, PENDIDIKAN, SINAU dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Seputar Ujian Nasional 2014

  1. Bintang berkata:

    Oo… Jadi UN thun 2014 di undur berarti ya??!!!!
    Yaaahh,,, sy lebiih suka di percepat aja,, tapi ya mau gimana lagi…,!
    Harus sabar dulu nunggunya menjelang UN 2014 akhir April mendatang.. ^^

    #Terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s