RAHASIA DAN HIKMAH VIRUS

Siapa sih yang tidak mengenal virus ? Baik virus biologi maupun virus komputer semuanya membuat orang sebal, “mangkel (jawa)” dan beragam perasaan tak enak lainnya. Virus walaupun sangat kecil mempunyai daya rusak yang hebat.

Virus telah menginfeksi sejak jaman sebelum masehi, hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa penemuan-penemuan yaitu laporan mengenai infeksi virus dalam hieroglyph di Memphis, ibu kota Mesir kuno (1400SM) yang menunjukkan adana penyakit poliomyelitis, selain itu, Raja Firaun Ramses V meninggal pada tahun 1196 SM dan dipercaya meninggal karena terserang virus Smallpox.

  • Penelitian mengenai virus dimulai dengan penelitian mengenai penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau dan membuat daun tanaman tersebut memiliki bercak-bercak. Pada tahun 1883, Adolf Mayer, seorang ilmuwan Jerman, menemukan bahwa penyakit tersebut dapat menular ketika tanaman yang ia teliti menjadi sakit setelah disemprot dengan getah tanaman yang sakit. Karena tidak berhasil menemukan mikroba di getah tanaman tersebut, Mayer menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil dari biasanya dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop.
  • Pada tahun 1892, Dimitri Ivanowsky dari Rusia menemukan bahwa getah daun tembakau yang sudah disaring dengan penyaring bakteri masih dapat menimbulkan penyakit mosaik. Ivanowsky lalu menyimpulkan dua kemungkinan, yaitu bahwa bakteri penyebab penyakit tersebut berbentuk sangat kecil sehingga masih dapat melewati saringan, atau bakteri tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menembus saringan.[1] Kemungkinan kedua ini dibuang pada tahun 1897 setelah Martinus Beijerinck dari Belanda menemukan bahwa agen infeksi di dalam getah yang sudah disaring tersebut dapat bereproduksi karena kemampuannya menimbulkan penyakit tidak berkurang setelah beberapa kali ditransfer antartanaman.[1] Patogen mosaik tembakau disimpulkan sebagai bukan bakteri, melainkan merupakan contagium vivum fluidum, yaitu sejenis cairan hidup pembawa penyakit.[1]
  • Setelah itu, pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch melaporkan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapi dapat melewati filter yang tidak dapat dilewati bakteri. Namun demikian, mereka menyimpulkan bahwa patogennya adalah bakteri yang sangat kecil.[1]
  • Pada tahun 1911, Peyton Rous menemukan jika ayam yang sehat diinduksi dengan sel tumor dari ayam yang sakit, maka pada ayam yang sehat tersebut juga akan terkena kanker.[4] Selain itu, Rous juga mencoba melisis sel tumor dari ayam yang sakit lalu menyaring sari-sarinya dengan pori-pori yang tidak dapat dilalui oleh bakteri, lalu sari-sari tersebut di suntikkan dalam sel ayam yang sehat dan ternyata hal tersebut juga dapat menyebabkan kanker.[4] Rous menyimpulkan kanker disebabkan karena sel virus pada sel tumor ayam yang sakit yang menginfeksi sel ayam yang sehat.[4] Penemuan tersebut merupakan penemuan pertama virus onkogenik, yaitu virus yang dapat menyebabkan tumor. Virus yang ditemukan oleh Rous dinamakan Rous Sarcoma Virus(RSV).[4]
  • Pada tahun 1933, Shope papilloma virus atau cottontail rabbit papilloma virus (CRPV)yang ditemukan oleh Dr Richard E Shope merupakan model kanker pertama pada manusia yag disebabkan oleh virus.[5] Dr Shope melakukan percobaan dengan mengambil filtrat dari tumor pada hewan lalu disuntikkan pada kelinci domestik yang sehat, dan ternyata timbul tumor pada kelinci tersebut.[5]
  • Wendell Stanley merupakan orang pertama yang berhasil mengkristalkan virus pada tahun 1935.[6] Virus yang dikristalkan merupakan Tobacco Mozaic Virus (TMV).[6] Stanley mengemukakan bahwa virus akan dapat tetap aktif meskipun setelah kristalisasi.[6]

[Sumber : Wikipedia.org]

RAHASIA KEAJAIBAN VIRUS

  1. Virus digolongkan sebagai makhluk peralihan (hidup sekaligus tak hidup). Sungguh aneh memang, ada makhluk yang menyandang dua predikat sekaligus. Dikatakan sebagai makhluk hidup karena virus mampu berkembang biak laiknya makhluk hidup dan mempunyai senyawa DNA ataupun RNA yang umum dimiliki oleh semua makhluk hidup. DNA sendiri merupakan sebuah keajaiban molekul kimia yang mampu menggandakan dirinya sendiri, sebagai rangkaian kode-kode unik genetik yang tak bisa dibuat oleh manusia.
  2. Ukuran virus sangatlah kecil. Ukurannya lebih kecil daripada bakteri sehingga virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri. Virus terkecil berdiameter hanya 20 nm (lebih kecil daripada ribosom), sedangkan virus terbesar sekalipun sukar dilihat dengan mikroskop cahaya. Walaupun sangatlah kecil sekali, tapi daya hancurnya sangatlah hebat. Dalam hitungan hari virus mampu membuat wabah yang sangat mengerikan bagi penduduk suatu negeri.
  3. Virus tak mampu hidup selain di sel yang hidup. Virus akan menyerang sel-sel yang spesifik yang dianggap oleh virus mampu digunakan untuk mereplikasikan dirinya menjadi jutaan bahkan triliunan virus yang akan mewarisi keganasannya. Virus mempunyai semacam detektor pengenal, yaitu senyawa glikoprotein yang bertindak sebagai reseptor pengenal sel inangnya yang akan disabotase sebagai gudang produksi virus. Detektor ini tidak pernah meleset mengenali sel targetnya, tidak seperti detektor buatan manusia yang kadang error.
  4. Virus tidak mempunyai akal pikiran, tapi mampu mengelabui sel yang dijaga super ketat oleh sistem sel. Sel selalu menyeleksi apa-apa saja zat yang bisa masuk maupun keluar.
  5. Virus mampu membunuh sel inangnya, bahkan organisme yang berukuran jutaan kali seperti manusia dan hewan mampu dibunuhnya.

Virus : Musuh Manusia Yang Super Canggih

Tubuh manusia mirip intan yang sangat tinggi nilainya. Intan itu disimpan dalam brankas, mendapatkan perawatan dan perlindungan sangat istimewa. Sebagian organisme yang berusaha menyerang tubuh layaknya pencuri kelas kakap. Salah satu penjahat paling terkenal dan paling penting adalah virus.

Meskipun tidak masuk kategori makhluk hidup, tak ayal virus memiliki kemampuan khusus sebagaimana makhluk hidup lainnya. Virus adalah parasit yang selalu bergantung pada makhluk hidup. Virus tidak memiliki sistem yang akan memungkinkan mereka untuk hidup sendiri. Seakan-akan mengetahui akan hal ini, mereka dengan lihai menelusup ke dalam sel makhluk hidp lainnya. Setelah menduduki sel itu, dengan kelihaian yang sama, sel tersebut diubah menjadi “pabrik pembuatan virus” yang menghasilkan kembarannya.

Rencana yang dikembangkan oleh virus ini untuk menduduki sel luar biasa canggih dan cerdasnya. Pertama-tama, si virus harus menakar apakah sel itu tepat untuk dirinya atau tidak. Ia harus sangat berhati-hati dan cermat dalam memutuskan inii, karena sedikit saja kesalahan dapat menyebabkan kematiannya. Untuk menghindari hal itu, ia menggunakan reseptor khususnya untuk memastikan apakah sel itu memadai atau tidak. Hal penting berikutnya adalah berhati-hati menempatkan diri di dalam sel tersebut. Sang virus membingungkan sel dengan taktik yang digunakannya dan menghindari jangan sampai terdeteksi.

Pertanyaan tentang bagaimana sang sel yang beroperasi di bawah mekanisme kontrol yang dipantau dengan sangat ketat, bisa tertipu sehingga menjadi pabrik virus masih belum terjawab. Rahasia dari fenomena ini terletak pada adanya Sang Pencipta, yang menciptakan virus dilengkapi dengan kemampuan yang ia miliki.

Ciri khas virus secara sempurna dirancang untuk memungkinkannya menggunakan sistem yang berjalan di dalam sel. Jelaslah bahwa kekuatan yang menciptakan sang virus juga sangat mengetahui prinsip kerja yang sangat rumit di dalam sel. Kekuatan ini adalah kekuatan Allah SWT, Tuhan Maha Mengetahui yang menciptakan virus dan sel yang ditempati sebagaimana Dia menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya. Dengan struktur yang sangat kecil, virus bisa memicu dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada tubuh manusia, yang jutaan kali lebih besar daripada ukuran virus itu sendiri. Virus diciptakan khusus oleh Allah SWT untuk mengingatkan manusia akan kelemahannya

HIKMAH DICIPTAKANNYA VIRUS :

  1. Manusia, walaupun merupakan sebaik-baik makhluk-Nya baik dari segi fisik maupun akal ternyata juga merupakan makhluk yang lemah. Buktinya mereka masih bisa dibinasakan bahkan dibuat kalang kabut dengan wabah yang disebabkan oleh virus yang dikategorikan sebagai makhluk peralihan.
  2. Seharusnya manusia tidak pantas SOMBONG dengan segala kelebihannya. Virus sebagai bukti ketidakberdayaan manusia dibalik kelemahannya.

 

Bagi yang berminat mengunduh Multimedia Presentasi Interaktif (MPI) Virus, silahkan download link berikut.

MPI Virus yang saya buat menggunakan Powerpoint 2007 yang didalamnya terdapat pemprograman VBA (macro), harap setting Powerpoint 2007 di enable macro agar program MPI berjalan dengan lancar.

Download MPI Virus

Tentang mazguru

Saya hanyalah seorang guru muda yang ingin berbagi ilmu, hikmah, kisah dan pengalaman.
Pos ini dipublikasikan di BIOLOGI, MULTIMEDIA, PENDIDIKAN, SINAU. Tandai permalink.

2 Balasan ke RAHASIA DAN HIKMAH VIRUS

  1. Appreciating the time and effort you put into your website and in depth information
    you offer. It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same outdated rehashed material.
    Great read! I’ve saved your site and I’m including your
    RSS feeds to my Google account.

  2. Marvelous, what a webpage it is! This webpage presents useful information to us, keep it
    up.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s